Oct 3, 2008

AWAS Antivirus Palsu

Suatu hari saya sedang online dan dikagetkan dengan peringatan yang menyatakan bahwa dalam komputer saya sudah terjangkit sejenis malware yang sangat beresiko. Ditawarkan juga untuk mendownload dan menginstall antivirus dengan nama AntiVirus Lab 2009, karena panik tawaran tersebut diaccept. Yang terjadi adalah komputer terus menerus mendapat warning akan adanya malware, spyware, dan ware-ware lainnya (war wer wor aja pokonya mah). Sempat terpikir untuk menginstall ulang windowsnya, tapi ribet harus back-up data yang cukup banyak. Akhirnya ingat ada software anti spayware yang pernah didownload namanya ad aware 2007, langsung diinstall. Alhamdulillah ternyata setelah terinstall dan langsung scan ketangkep ada 58 makhluk sejenis war wer wor tadi, dan langsung di-clean.

Rupanya memang sekarang ini ada orang yang sengaja menyebar antivirus jadi-jadian. Telah ditemukan beberapa jenis makhluk seperti ini. Seperti dilaporkan detik.com, salah satu aplikasi keamanan palsu baru yang ditemukan Tred Micro bernama WinAntispyware 2008. Sedangkan pihak Sunbelt Software juga menemukan aplikasi palsu bernama Windows AntiVirus, Windows AntiVirus 2008, AntiVirus Lab 2009 dan Antispyware Pro XP.

Terkait fenomena ini, lembaga Computer Emergency Response Team (CERT), Amerika Serikat, pun menyarankan agar pemakai internet hanya menginstal software keamanan komputer dari vendor terpercaya saja. Demikian seperti dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Kamis (18/9/2008).

Supaya pengalaman tadi tidak terjadi kepada yang lain, maka saya menyarankan untuk berhati-hati dalam meng-accept penawaran yang sifatnya tidak terpercaya. Kalaupun ada yang sudah kena dan perlu penangkalnya, yang belum kena apalagi perlu sedia payung sebelum kehabisan, silakan download ad aware 2008 gratis di sini.

Semoga bermanfaat.

Judul: AWAS Antivirus Palsu; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment