Oct 5, 2008

Antivirus ada yang gratisan

Berbagi pengalaman supaya tidak menimpa orang lain. Ini tentang virus komputer yang makin beragam. Bahkan ada antivirus yang sebenarnya virus juga. Mereka pura-pura berbagi gratis, tetapi malah membahayakan.

Saat ini banyak sekali program yang sengaja dibuat sebagai program yang sebenarnya tidak diperlukan oleh user tetapi malah sebaliknya bisa merugikan. Apakah program itu sebagai malware atau spyware atau bahkan virus, dan ternyata jumlahnya melebihi angka sembilan puluh lima ribuan. Untuk menangkal hal tersebut kini sudah banyak program-program yang dibuat oleh para ahli di bidang ini. Terkadang mikir juga, kenapa kok yang beginian dibikin-bikin segala, bukannya merugikan orang lain. Tapi ya sudahlah, barangkali itu sudah kerjaannya. Ibarat kata orang tua, kalau gak ada yang begitu di dunia ini jadi kagak rame (jadi ngelantur ya...).

Nah, salah satu program penangkal hal tersebut di atas adalah Kaspersky Antivirus. Beberapa pihak yang melakukan pengujian terhadap sekitar 30 produk aplikasi keamanan menemukan bahwa kaspersky merupakan produk keamanan dengan nilai tertinggi, baik itu untuk menangkal malware, spyware, maupun virus. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukan angka rata-rata sekitar 98 % (detik.com 30-09-2008).

Menurut hemat penulis yang awam dalam hal ini, mungkin persoalan antivirus ini bisa diibaratkan terapi atau obat bagi seorang pasien. Seringkali pendekatan terapi antara satu dengan yang lainnya meskipun penyakitnya relatif sama bisa berbeda caranya. Tergantung kepada sejauh mana daya tahan tubuh pasien, tingkat penyakit yang diderita, dan tentu saja yang sangat penting adalah kemampuan finansial sang pasien. Kalau pake askes atau askeskin tentu biayanya jauh lebih murah, tetapi bisa jadi terapi dan obatnya tidak sepaten yang biasanya (mau bilang gratisan aja muter-muter dulu yak).

Kembali ke masalah antivirus, ternyata banyak juga program antivirus yang bisa diunduh gratisan dan ternyata hasilnya cukup memuaskan (untuk anti malware dan spyware lihat di postingan sebelumnya). Satu di antaranya yang cukup banyak dipakai adalah avira antivir dan itu bisa diunduh di sini : antivir, atau bisa juga avast di avast home edition, dan avg di

 
 .

Selamat mencoba dan menguji mana yang paling cocok untuk masing-masing kita.
Judul: Antivirus ada yang gratisan; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment