Aug 14, 2010

Menara Abraj Al Bait di Mekkah Bangunan Tertinggi di Dunia

Menara Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekah. Menara Abraj Al Bait dibangun salah satunya adalah untuk menampung para jamaah haji yang semakin banyak datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar AlHandasah Architecs dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasinya ini berada di seberang jalan Masjidil Haram. Menara Abraj Al Bait dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang.
 
Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian diatas 6 menara lainnya yang diperkhususkan untuk apartemen (tinggi menara hotel adalah 595 m). Hotel Tower akan dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini diisi dengan 4 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain.
 
Konstruksi Menara Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004 yang lalu, dan secara bertahap-tahap ketujuh menara ini akan diselesaikan dan yang paling terakhir selesai dari ke tujuh menara ini adalah Hotel Tower. Kompleks bangunan ini diperkirakan akan menelan biaya pembangunan berkisar 1,6 miliar dolar AS.
 
Abraj-APada bangunan ini juga ditempatkan jam pada setiap sisi dari Hotel Tower. Jam ini memiliki panjang dan lebar 80 meter. Keempat jam ini dipasang pada ketinggian 530 meter, yang menjadikannya jam terbesar dan tertinggi di dunia. Jam besar ini ditargetkan akan mulai berfungsi mulai pekan pertama bulan suci Ramadan atau sekitar tanggal 12 Agustus 2010 waktu Arab Saudi dengan masa percobaan selama tiga bulan. Pemerintah dan warga Arab Saudi berharap jam ini bisa membuat waktu Mekah sebagai zona waktu dunia selain Greenwich. Demikian kantor berita Arab Saudi, SPA, Rabu, 11 Agustus 2010.
Jam besar ini memiliki empat sisi terbuat dari ubin komposit berteknologi tinggi dengan luas total 46 meter. Beberapa bagian dilapisi emas. Dengan posisi sekitar 400 meter dari kawasan Masjid al Haram, bayangan jam besar ini akan jatuh di Masjid Besar Mekah (Masjid al Haram) dari Menara Abraj Al-Bait.
 
Menara Abraj Al Bait ini akan menjadi struktur tertinggi di Arab Saudi dan kedua di Timur Tengah setelah Burj Dubai di Dubai, Uni Emirat Arab dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia. Sementara itu, jika jumlah lantai di seluruh kompleks menara ini dihitung semua, maka jumlah total lantai diperkirakan mencapai 1.455.000 m2 dan akan menjadi bangunan dengan jumlah lantai terluas di dunia, lebih banyak 470.000 m2 dari Aalsmeer Flower Auction di Aalsmeer, Belanda yang menjadi pemegang rekor hingga saat ini.
 
Kompleks Masjidil Haram sebelum ada menara
images2
Seperti inilah hasil akhirnya
images
 
Menara dilihat dari berbagai sudut

 images1

 images3
 abraj_albait
Abraj-B
 Abraj-C
Abraj-H
 Abraj-I 

Inilah menara Burj Dubai di Uni Emirat Arab :



*dari berbagai sumber
Judul: Menara Abraj Al Bait di Mekkah Bangunan Tertinggi di Dunia; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment