Feb 17, 2009

Al-Qur’an In Word 2003

Dalam menulis artikel yang berkaitan dengan keislaman, biasanya menggunakan Microsoft Word, sudah hampir dipastikan perlu menuliskan beberapa ayat Al-Qur’an. Untuk menuliskannya bisa menggunakan font arabic sepanjang aplikasinya mendukung. Dengan cara demikian pastilah akan banyak kesulitannya, karena mana huruf-huruf yang diinginkan untuk ditulis tidak begitu hafal posisinya.

Supaya mudah menyisipkan ayat-ayat Al-Qur’an dalam tulisan, ada satu software tambahan yang sangat berguna dalam rangka itu. Al-Qur’an in word namanya. Software ini bukan sesuatu yang baru. Pasti banyak yang sudah mengetahui dan bahkan menggunakannya. Tentu artikel ini ditutujukan khususnya bagi mereka yang belum memanfaatkan software ini. Yang sudah menggunakannya, bisa memberikan masukan bagaimana caranya mengoptimalkannya.

Ada beberapa versi dari Al-Qur’an in word ini, dan di sini akan dimuat yang versi untuk word 2003. Caranya mudah, download saja aplikasinya dan install. Pada Microsoft Word nantinya akan muncul tambahan satu tab di atas dengan tulisan Al-Qur’an, seperti terlihat pada gambar di bawah. Penggunaannya biasa saja, cukup diklik pada tab Al-Qur’an lalu akan muncul pilihan, apakah ayat dan terjemahan, ayatnya saja, atau terjemahannya saja.

image

Jika berminat untuk mencobanya bisa download di sini.

Judul: Al-Qur’an In Word 2003; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment