Apr 19, 2009

Trik Install Windows Menggunakan USB Flashdisk

Netbook murah harga empat jutaan. Dengan hardisk 160  Gb dan fasilitas masa kini semacam wifi tersedia sudah cukup lumayan. Tetapi tanpa CD Rom ternyata menyulitkan juga. Ini terjadi ketika ada seseorang yang beli netbook seperti itu melalui saya dan ternyata oleh penjual diinstall Windows yang trial version. Ketika waktunya habis, tanggung jawab harus nginstall. Gimana dong ? Tanya-tanya CD Rom eksternal, mahal. Akhirnya googlang-googling dan bloggang-blogging, dapat juga infonya. Memang Mbah Google ini, adaa aja.

Mulailah proyek instalasi windows menggunakan flashdisk dimulai. Berdasarkan petunjuk yang ada semuanya dilakukan. Jadilah flashdisk untuk install windows. Dicoba install, gagal. Coba lagi kedua, gagal. Dicoba ganti flashdisk, gagal maning. Keringatan, gak enak sama ‘klien’. Mana windows-nya sudah expired lagi. Jadinya tidak bisa dipake, sayang juga, malu juga.

Akhirnya dicoba untuk membaca ulang tata cara pembuatan flashdisk install-nya. Berhasil, Alhamdulillah. Ternyata pelajaran dari sini adalah : baca dulu petunjuknya secara lengkap dan ikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Waktu itu merasa sok tahu juga, begitulah akibatnya. Nah bagi yang perlu dan mau mencoba bisa dilakukan dengan langkah yang sebenarnya tidak sulit. Ikuti saja tahapannya dengan sabar dan bagus juga disiapkan teh atau kopi disertai makanan ringan untuk menunggu prosesnya sampai selesai.

Pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan :

  1. Komputer/laptop yang memiliki CD Rom (OS-nya Windows)
  2. USB flashdisk yang akan digunakan, minimum 1 Gb
  3. CD Windows XP
  4. Paling aman menggunakan laptop, menghindari putus di tengah jalan karena mati lampu

Kedua, siapkan file/software yang diperlukan :

  1. File Usb_prep8, bisa download di sini kalau belum ada
  2. File PeToUSB, download saja di sini kalau belum punya
  3. File Bootsect.exe, langsung download

Ketiga, ikuti langkah berikut :

  1. Buat folder baru di drive C: nama terserah yang penting halal, misalnya usb. Masukan tiga file di atas ke dalam folder tadi.
  2. Ekstrak ketiga file tersebut
  3. Copy file PeToUSB.exe ke folder USB_prep8

Keempat, proses pembuatan flashdisk Windows XP :

  1. Masukan CD Windows XP ke dalam CD Rom
  2. Colokan flashdisk-nya ke komputer/laptop
  3. jalankan file usb_prep8.cmd yang ada didalam folder USB_prep8 akan muncul gambar seperti ini  
  4. Tekan sembarang tombol, sekarang giliran gambar ini yang muncul
  5. Pilih saja drive tempat USB flashdisk-nya. Kemudian klik start untuk fomat dan tunggu sampai selesai. Backup dulu data pada flashdik kalau ada data penting yang masih diperlukan. Setelah selesai biarkan saja dua jendela tadi terbuka, jangan ditutup.
  6. Pada desktop klik Start –> Run, kemudian ketik cmd tekan enter atau klik OK. Lalu ketik cd\ dan enter. Ketik lagi cd namafolder (kalau contoh di atas cd usb).
  7. Ketik bootsect.exe /nt52 G: (G = drive USB). kalau drive USB Anda di F jadinya bootsect.exe /nt52 F: tekan enter (jangan salah ya). Kalau salah akan ketahuan, karena setelah proses ini akan keluar kalimat ‘Bootcode was successfully updated on all targeted volumes’, jadi kalau salah kalimat ini tidak akan keluar, ulangi saja.
  8. Setelah proses ini selesai, tutup command prompt ini. Pada langkah no. 4 juga close saja pada jendela PeToUSB-nya. Tapi pada command prompt di no. 3 biarkan saja. Nanti command promptnya akan menjadi seperti ini :
  9. Ikuti saja petunjuk pada gambar di atas. Ketik angka 0 untuk mengubah tipe USB-Drive. Ketik angka 1 untuk browse drive CD Windows XP-nya. Ketik angka 2 untuk mengubah virtual tempdrive, atau biarkan saja, dilewat. Ketik angka 3 dan tuliskan drive tempat USB flashdisk-nya, misal F, G, atau H. Ketik angka 4. Jangan lupa enter pada semua tahapan tadi. Pada tahap ini adalah proses copy ke USB flashdiks. Tunggu agak lama, bisa ngeteh atau ngopi dulu.
  10. Kalau muncul pertanyaan untuk format drive T, ketik saja y dan enter. Setelah itu tinggal enter dan enter saja. Nanti ada jendela popup yang muncul, yes-kan aja semua.
  11. Selesai, tutup windows Command prompt usbprep8.
Make money from your Website or Blog with BidVertiser

Flashdisk sudah bisa digunakan pakai untuk melakukan instalasi Windows XP ke laptop.

Berikutnya adalah melakukan install Windows XP ke laptop menggunakan USB flashdisk, eng ing eng ………

  1. Maukan USB flashdisk ke laptop, lalu nyalakan laptopnya. Masuk ke setting BIOS untuk proses Boot-nya. Pilih booting pertama menggunakan booting USB. Biasanya menu masuk ke settingan ini dengan menekan tombol F2 atau ada juga yang F10, atau ada juga yang lain, coba saja.
  2. Setelah detect USB flashdisk proses akan berlangsung dan pada saat menu instalasi pilih yang mode TEXT SETUP. Lakukan proses install Windows XP seperti biasa. Nanti akan restart.
  3. Pada saat restart akan berlanjut proses instalasi dan di sini pilih yang Mode GUI (jangan Mode TEXT SETUP lagi). Nanti akan restart lagi, pilih lagi yang Mode GUI.
  4. Biarkan USB flashdisk-nya sampai proses benar-benar selesai dan sudah masuk ke desktop Windows XP. Berarti proses instalasi sudah selesai dan berhasil. Baru flshdisk boleh dicabut.
  5. Jangan lupa setting BIOS-nya dikembalikan untuk booting awalnya ke hardisk lagi seperti biasa.
  6. Untuk install driver-nya tinggal copy saja file driver yang ada di cd ke flashdisk. Terus diinstall dari USB flashdisk ke laptop. Beres.

Mudah-mudahan pengalaman ini berguna. Bagi yang memerlukan, selamat mencoba semoga berhasil.

didapat dari berbagai sumber, salah satunya di sini.

Judul: Trik Install Windows Menggunakan USB Flashdisk; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment