Apr 3, 2009

Tips Meningkatkan Page Rank

Tips meningkatkan page rank menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari. Page rank juga merupakan sesuatu yang didambakan para blogger. Tips meningkatkan page rank juga ternyata telah memunculkan cukup banyak kreativitas. Berbagai tips dan trik dilakukan mereka yang ahli dalam hal itu. Tetapi dari sekian banyak tips maupun trik itu sampai sekarang masih belum ngerti juga, apa dan bagaimana sih page rank itu.

Ketidakmengertian dan ketidaktahuan makin menjadi-jadi ketika tiba-tiba page rank yang tadinya angka 1 tahu-tahu menjadi 0. Besoknya berubah lagi menjadi 1. Tahu-tahu lagi menjadi angka 0 lagi. Gimana dong…

Wolkang wolking di internet akhirnya ketemu satu postingan tentang tips meingkatkan page rank, yaitu dengan cara memposting viral linking. Caranya hanya memposting sesuatu yang bisa dicopas, dari mulai start copy here sampai end copy here. Katanya sih ‘it works’, walaupun belum dicoba. Ditemukan di buitenzblog.blogspot.com, bagi yang mau mencoba boleh dilihat di sini.

Bicara mengenai page rank, setelah tanya-tanya ke google, dapat jawaban dari mbak/mas Wiki. PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Ternyata, sudah dapat jawaban dari Wikipedia bukan membuat ngerti, malah makin bingung.

Judul: Tips Meningkatkan Page Rank; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment