Feb 25, 2009

SEO, di Manakah Kau Berada ?

image Kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 nampaknya makin seru saja. Blogger-blogger ‘kakap’ ikut bermunculan menampakkan keahliannya. Lantas blogger ‘teri’ macam saya bagaimana nasibnya. Jangan kuatir, masalah nasib sudah ada kepastiannya, kalau sudah jodoh tak ‘kan lari ke mana.

Sebagai blogger pemula yang sekarang ikut-ikutan kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 sebenarnya masih belum tahu apalagi faham dengan yang namanya SEO. Kalau kata mbak Wiki, “SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.” (Wikipedia).

Jadi, seperti apa yang dikatakan para pakar SEO, supaya SEO friendly maka apa yang ada dalam website kita mesti user friendly dan sekaligus machine friendly. Bagaimana caranya ? Bingung ! Meskipun sudah banyak membaca berbagai artikel tentang SEO, tetap saja apa dan bagaimana Sang SEO ini, bingung. Yang jelas, dalam satu saat bersamaan bisa terjadi ribuan permintaan pencarian suatu kata kunci yang akan langsung diproses dengan 1000 komputer oleh google.

Nah, supaya kata kunci yang dicari langsung menuju ke web kita diperlukan teknik-tekniknya. Tentu yang pertama kali adalah apa yang dicari ada dalam web kita. Kemudian bagaimana penempatan kata kunci itu, sehingga akan mudah dideteksi oleh mesin pengindeks google. Seterusnya, terserah Anda. Soalnya apa yang saya tulis ini juga kata orang. Selamat mencoba ber-SEO, semoga Anda menjadi pemenang kontes SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009.

Judul: SEO, di Manakah Kau Berada ?; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment