Feb 20, 2009

Internetan Akan Semakin Murah dan Mudah

Spreadfirefox Affiliate ButtonKabar gembira bagi para peselancar dunia maya. Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh telah mencanangkan tahun 2009 sebagai tahun penurunan tarif internet. "Langkah ini merupakan kebijakan lanjutan pemerintah setelah berhasil menurunkan tarif telepon di 2008 lalu," ujarnya di sela ICT Outlook 2009 di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (19/2/2009).

"Kita harus realistis, dengan kondisi sekarang ini tarif internet tak mungkin turun 100-200 persen. Meski begitu kami tetap mengupayakan penurunan dengan cara membantu penyelenggara internet dalam hal kemudahan perizinan dan perluasan pasar," jelas Nuh. Penurunan tarif, khususnya internet, menurut menteri merupakan satu dari tiga pilar kebijakan pemerintah agar jurang kesenjangan digital antara masyarakat kota dan pedesaan tidak semakin lebar. (detik.com)

Menyambut rencana tersebut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menawarkan satu solusi agar tarif internet bisa tetap turun meski kondisi ekonomi tengah sulit. "Beri kami lisensi BWA (broadband wirelss access) dengan harga lebih murah dari 3G," kata Ketua Umum APJII Sylvia W Sumarlin di sela ICT Outlook 2009 di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (19/2/2009).

Menurutnya, itu satu-satunya jalan keluar agar tarif internet bisa murah karena pemerintah cuma bisa bantu dalam kemudahan perizinan dan perluasan pasar. "Jika kami diberi lisensi BWA murah, tarif yang kami tawarkan juga akan jauh lebih murah, bahkan bisa lima kali lipat," lanjut Sylvia. Infrastruktur BWA dengan teknologi Wimax, kata dia, juga mempunyai cakupan jaringan layanan lima kali lebih luas dibanding jangkauan sinyal 3G. "Sehingga beban biaya infrastruktur lebih murah karena base station yang dibangun lebih sedikit," tandasnya. (detik.com)

Sebenarnya keinginan untuk menurunkan tarif internet sangat perlu dukungan pemerintah. Selain regulasi yang akan memaksa operator menurunkan tarif, dukungan infrastruktur sangat penting. Entah berapa lama lagi akan tersedia layanan internet gratis di mana saja dengan koneksi yang bagus. Meskipun saat ini sudah banyak juga fasilitas hotspot gratisan, tetapi masih sangat terbatas.

Judul: Internetan Akan Semakin Murah dan Mudah; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment