Nov 1, 2009

Meningkatkan Alexa Rank

Sudah banyak sebenarnya posting tentang alexa rank. Ada yang menerangkan tentang apa itu alexa rank, untuk apa alexa rank, pengaruhnya terhadap iklan, cara menaikan alexa rank, dan sebagainya. Bermacam-macam cara dan trik yang sudah dituliskan, yang bisa jadi malah membingungkan bagi pemula. Kadang-kadang ada beberapa cara yang dianjurkan seseorang sepertinya bertentangan dengan yang lainnya.

Tidak ada masalah sebenarnya apapun trik yang dilakukan. Mereka yang memberikan trik pada dasarnya atas dasar pengalaman yang telah didapatkan. Jadi, tidak soal apakah mau mengikuti cara si A, B, atau C. Atau bisa jadi menggabungkan berbagai macam cara, siapa tahu hasilnya lebih paten. Atau punya trik sendiri yang mungkin lebih bagus dari yang sudah ada. Nah, yang terakhir ini boleh bagi-bagi ke sini.

Pengalaman di blog ini sendiri kurang lebih seperti biasa, sebagai pemula, telah mencoba beberapa macam trik yang disarankan. Hasilnya ? macam-macam. Pernah suatu ketika mencoba satu trik dan yang terjadi malah terjun bebas ke angka 6 jutaan, padahal sebelumnya di angka 3 jutaan. Mencoba trik yang lain, hasilnya tidak jauh berbeda. Akhirnya, biarlah apa adanya, toh bukan blog khusus bisnis juga.

Tetapi sambil iseng dicoba juga beberapa cara. Siapa tahu, kalau iseng biasanya suka berhasil. Cara yang dilakukan sederhana saja, pertama menambahkan widget alexa. Kedua, menambahkan "Sparky" - The Alexa Toolbar for Firefox pada browser mozilla firefox. Ketiga menjadikan blog sebagai Main Home Page pada browser atau bisa juga dengan mem-bookmark blog. Keempat, menambahkan fasilitas ping otomatis ketika posting. Kelima, posting rutin secara berkala. Dan keenam, membuat link antar posting yang satu dengan yang lainnya.

Dengan cara di atas ternyata hasilnya cukup lumayan. Sekarang alexa rank berada di kisaran 1 jutaan. Biarlah, mau naik atau mau turun juga tidak apa-apa, yang penting keep blogging saja. Tetapi ternyata eh… ternyata, belakangan google page ranknya juga ikutan naik. Sebelumnya selalu angka 1 yang keluar di PR-nya, sekarang tambah satu angka jadi 2. Kenapa ya bisa begitu ? Mana kutahu ?

Judul: Meningkatkan Alexa Rank; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment