Mar 24, 2009

Peluncuran Mobil Super Murah Tata Nano

Gambar
Foto: AFP

DetikOto - Tata Motors akhirnya meluncurkan mobil termurah mereka Tata Nano. Tata Nano diharapkan bisa mengalihkan pengguna motor untuk menggunakan mobil super murah ini. Seperti dikutip AFP, Senin (23/3/2009), peluncuran mobil seharga Rp 22-24 juta ini digelar di kota finansial India, Mumbai.

"Saya mengamati keluarga yang bepergian dengan kendaraan roda dua, sang ayah mengemudikan motor, anak laki-lakinya duduk di depan ayahnya. Sementara sang ibu duduk di belakang sang ayah sambil menggendong bayi," ujar bos Tata Motor Ratan Tata. Cara berkendara itu sangatlah tidak aman. "Saya jadi terpikir adakah mobil yang murah yang terjangkau untuk keluarga seperti ini," tambahnya.

Karena miris dengan pemandangan keluarga miskin di India itulah, Tata membangun Tata Nano dengan harga super murah agar terjangkau kalangan miskin. Peluncuran Tata Nano dilakukan ketika industri otomotif India mengalami tekanan hebat akibat krisis keuangan global. Tata berharap Nano bisa mendongkrak penjualan mereka yang terpukul akibat krisis.

Setelah India, Tata juga berharap bisa membawa Nano ke negara lain. Apakah ada ATPM yang tertarik untuk membawa Nano ke Indonesia kita tunggu saja.

Sementara itu menanggapi peluncuran ini analis yakin mobil murah ini bisa laku bak kacang meski produksinya masih terbatas yakni hingga 30.000 hingga 50.000 pada tahun pertama di 2009. Tata Motors akan meluncurkan mobil ini di Mumbai meski adanya kekhawatiran mobil ini bakal semakin memacetkan jalanan di India.

"Tata Nano adalah mobil bernilai tinggi," ujar analis dari Mumbai Hasmukh Kakadia seperti dikutip AFP, Senin (23/3/2009). Dengan harganya yang super murah yakni sekitar 100.000 rupee atau Rp 22-24 juta, kalangan yang kurang mampu pun bisa menikmati mobil karya Tata Motors.

Ratan Tata bos dari Tata Motors berangan-angan agar mobil ini bisa dibeli oleh kaum miskin di India yang selama ini sering menggunakan motor. "Menggunakan motor tidak aman bagi keluarga, apalagi jika seluruh keluarga mengendarai motor itu," ujar warga New Delhi Ganesh Khand, 38 tahun yang kerap kali membawa istri dan kedua anaknya naik motor bersama-sama.

Dari sisi spesifikasi mesin, Tata Nano mengusung mesin 2 silinder dengan kapasitas 623 cc dan mampu mencapai top speed 105 km per jam. Transmisi 4 percepatan, tidak ada sistem penyejuk udara atau AC dan electric wondows atau power steering. Namun versi terlengkap dari Nano juga bakal tersedia, tentunya dengan harga yang lebih mahal.

sumber : detik.com

Judul: Peluncuran Mobil Super Murah Tata Nano; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment