Feb 13, 2009

Kenaikan Gaji PNS Tahun 2009

image Sebenarnya kabar kenaikan gaji PNS sudah lama beredar. Sejak tahun 2008 lalu Menteri Keuangan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara sudah menyatakan adanya kenaikan ini. Kenaikan gaji PNS memang sudah menjadi suatu program pemerintah dalam rangka peningkatan kesejahteraan pegawai. Salah satu alasannya adalah untuk meminimalisir KKN.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 8 Tahun 2009 tanggal 16 Januari 2009 Pegawai Negeri Sipil mendapakan kenaikan gaji terhitung mulai bulan Januari 2009. Besarnya kurang lebih 15 % dari besar gaji sebelumnya. Kenaikan gaji ini sendiri dananya sudah disiapkan dalam alokasi dana masing-masing instansi atau DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran).

Jadi, kapan para pegawai akan mendapatkannya ? Walaupun PP-nya sudah terbit, tetapi untuk realisasinya menunggu petunjuk teknis pencairan yang akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan Departemen Keuangan sebagai instansi teknis pengelolaan keuangan negara. Untuk bisa mengetahui gambaran besarannya bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

image

Untuk lebih jelas jelasnya bisa download di sini.

Kenaikan gaji ini ada juga yang mencurigai akan jadi salah satu alat kampanye menjelang pilpres. Katanya nanti baru menjelang pemilu akan dibayarkan. Wah… berabe dong kalo begitu.

Judul: Kenaikan Gaji PNS Tahun 2009; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment