Jan 22, 2009

Dapat Uang dari Internet

duit Ada sahabat bertanya padaku, “Benar bisa dapat uang melaui internet ? aktivitas blogging menghasilkan duit ? Masa sih ?” Memang benar, itu juga katanya, soalnya belum pernah mengalami (dapat uang dari situ). Tapi kalau baca dari berbagai postingan dan testimoni yang sudah berhasil, katanya, memang sangat memungkinkan. Saya jadi ‘rada’ bingung juga menjelaskan, soalnya ini masalah baru buat saya yang belum tahu banyak tentang itu, newbie kata orang.

Pertanyaan berlanjut, “Gimana dong caranya ?”. Yang paling gampang sih ikut yang namanya program affiliasi. “Bagaimana kita bisa dapat uang dari program affilasi itu ?”. Begini, kalau program affiliasi-nya berupa program affiliasi ppc (pay per click) kita dapat uang setiap ada yang meng-klik script iklan atau banner iklan yang ditayangkan di blog/web kita. Angkanya sih tidak besar, recehan, bahkan bisa dibilang kecil sekali. “Berarti bagaimana caranya biar iklannya di-klik banyak orang, gitu ?” Ya iya lah, masa ya iya dong. “Terus ?”

Tapi jangan coba-coba curang meng-klik iklan di web/blog sendiri, akan ketahuan dan akan dihapus dari kepesertaan sebagai publisher. “Bagaimana mereka tahu kita curang?” Meneketehe ……. Pastilah penyelenggaranya punya teknik untuk bisa mendeteksi itu. Malah katanya ada satu penyedia program affiliasi yang menutup programnya untuk peserta dari Indonesia. Gara-garanya karena banyak yang melakukan kecurangan itu (malu-maluin aja).

Sebenarnya kalau kita sudah terkenal dan web/blog kita laris manis banyak pengunjungnya dan jadi rujukan, para pemasang iklan (advertiser) akan datang sendiri, kayak para suhu blog itu lho. “Jadi jelas masalahnya sekarang, bagaimana caranya menjadikan blog kita terkenal dan banyak pengunjungnya?”. Cape dehh…

Yang jelas dalam program affiliasi ada tiga pihak yang berkaitan :

Publisher, merupakan penayang iklan pada web/blognya. Akan mendapatkan pembayaran dari situs penyelenggara untuk setiap klik dari script atau banner iklan oleh pengunjung pada web/blog mereka.

Advertiser, adalah pemasang iklan pada situs penyelenggara. Mereka membayar sejumlah biaya kepada situs penyelenggara atas pengelolaan script iklan dari produk dan jasa yang akan di tayangkan oleh para publisher.

Situs penyelenggara, mengelola dan merancang materi script iklan para advertiser untuk ditayangkan para publisher, mereka melakukan control dan monitoring terjadinya klik-an pada script iklan dalam web/blog publisher, dan tentu saja membayar komisi untuk publisher. Sebagai perantara mereka menyediakan script iklan advertiser untuk ditayangkan oleh publisher.

Bingung kan ? Sama, soalnya saya juga belum banyak tahu. Jaringan Iklan OnlineKarena ada yang nanya saja akhirnya memberanikan diri posting tema ini. Jika ada yang salah ya dimaafkan saja.

Bagi yang mau nyoba dan tertarik bisa klik di sebelah kanan ini

Judul: Dapat Uang dari Internet; Ditulis oleh ifoel; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment